Wednesday, June 08, 2011

Brasil Menang di Partai Perpisahan Ronaldo

Ronaldo saat juara piala dunia 2002 di Jepang
Sebuah laga emosionil baru saja dilalui Ronaldo Luiz Nazario da Lima bersama timnas Brasil kala menjamu Rumania di Sao Paulo, (7/6). Partai testimonial buat mantan striker berjuluk R9 itu berakhir dengan kemenangan buat Selecao.

Meski hanya bermain kurang dari 20 menit, Ronaldo masih mampu menyajikan permainan menawan. Tubuh yang semakin gemuk tak mempengaruhi stamina legenda Selecao tersebut untuk bermain dari akhir babak pertama hingga turun minum.



Pada saat turun minum, Ronaldo mengucapkan salam perpisahan kepada fans dengan berkeliling lapangan sambil membentangkan bendera Brasil.

"Terima kasih atas apa yang sudah kalian berikan selama karier saya," ucap Ronaldo kepada fans. "Terima kasih telah menerima saya apa adanya. Untuk ikut menangis ketika saya menangis. Tersenyum ketika saya juga tersenyum."

Para fans yang memadati staion memang sengaja hadir untuk ikut merayakan partai perpisahan Ronaldo. Tak heran jika hampir di seluruh penjuru stadion terlihat spanduk-spanduk yang bertuliskan ucapan perpisahan untuk sang bintang.

"Brasil berterima kasih kepada Ronaldo," tulis sebuah spanduk yang dibentangkan oleh fans.

"Cuma ada satu Ronaldo," bunyi pada spanduk lainnya.

Pada awal laga, Pelatoh Selecao, Mano Menezes memang sengaja tak memasang Ronaldo sebagai starter. Posisi trisula ujung tombak dipercayakan kepada Neymar, Robinho, dan Fred. Bahkan, Fred juga yang mampu mencetak satu-satunya gol kemenangan Brasil pada menit ke-21.

Sepuluh menit setelah mencetak gol, Menezes akhirnya menarik keluar Fred, dan digantikan oleh Ronaldo. Sambutan meriah diberikan oleh fans yang hadir di stadion setiap sang legenda menyentuh bola. Sayang dia gagal membukukan gol pada laga ini meski mendapat beberapa peluang.

"Saya punya tiga kesempatan, tapi sayang tak bisa mencetak gol di partai terakhir saya," ucap Ronaldo sedikit menyesal.

Selama kariernya, Ronaldo memang masih menjadi salah satu pencetak gol terbanyak bagi Selecao dengan 67 gol dari 104 penampilan. Dia cuma kalah dari legenda lain, Pele yang membukukan 95 gol selama kariernya.

Selama kariernya, Ronaldo sudah beberapa kali pindah klub. Klub pertamanya di Eropa adalah bersama PSV Eindhoven. Puncak karier dirasakan saat berseragam Barcelona, sebelum akhirnya sempat juga bermain bersama Inter Milan, Real Madrid, dan AC Milan.

Debut bersama timnas dirasakan saat usianya menginjak 17 tahun, pada 1994 silam. Puncak prestasi bersama Selecao adalah ketika mencetak dua gol ke gawang Jerman, dan membawa Brasil menjadi juara dunia untuk kelima kalinya pada 2002.

(Irawan | duniasoccer)
source

No comments:

 

Home | Van Port All | Van Music

Season 2011/2012 © Template Design by Van RaYen